CAMPURAN PAKAN YANG MENENTUKAN KWALITAS TELOR ITIK KONSUMSI

posted in: Berita | 0

CAMPURAN PAKAN YANG MENENTUKAN KWALITAS TELOR ITIK KONSUMSI

Di Indonesia peternakan unggas memiliki perkembangan yang sangat pesat. Tak terkecuali bebek petelur. Beternak bebek petelur memang memiliki peluang yang bagus. Selain akan mendapat keuntungan yang lumayan besar, Anda juga dapat membuka lapangan pekerjaan dan dapat mendukung kebutuhan masyarakat akan makanan bergizi.

Beternak bebek memiliki kelebihan dibandingkan dengan ayam karena bebek lebih memiliki daya tahan tubuh yang bagus dibandingkan jenis ayam. Selain memiliki daya tahan tubuh yang bagus, cara pemeliharaan bebek juga cukup mudah. Apabila Anda tertarik untuk beternak bebek sebaiknya harus membuat perencanaan yang matang. Anda harus memperhatikan jenis itik unggul yang akan dipelihara, dimulai dari cara seleksi DOD yang unggul diantaranya :

Paruh yang tebal, kaki yang kokoh dan besar, mata yang belok dan postur tubuh yang kelihatan lebih panjang dari sekumpukan DOD yang lain.

Jenis pakan yang memiliki sumber energi bagi bebek contohnya seperti bekatul, jagung giling dan konsentrat itik petelur. Pakan-pakan tersebut dapat membuat bebek lebih berenergi karena bebek sendiri sering beraktivitas seperti bermain, bertelur dan lain sebagainya. Perbandingan campuran jenis pakan yang baik untuk itik petelur diantaranya : Bekatul 50% dan konsentrat halus ( Upayakan yang banyak menirnya/ agak kasar sedikit ) bisa menggunakan 144 atau jenis konsentrat itik yang lainnya sebanyak 25%, jagung giling 20%.  dan tepung cangkang demis/kerang laut 5%. Tembahkan pula mineral untuk itik 10 sendok makan. Selanjutnya campuran pakan tersebut diaduk hinggak tercampur merata ( diaduk berulang-ulang hingga mendekati homogen/ campuran merata )

Dengan teknik mencampur pakan seperti diatas maka dapat diharapkan telor yang dihasilkan akan merata besarnya. Cangkang telor yang normal/tebal akan ideal untuk ditetaskan atau dibuat telur asin serta awat jika disimpan untuk beberapa hari sebelu dimasin.

Jenis pakan yang memiliki kandungan protein yang tinggi yaitu bungkil kacang hijau, bungkil kelapa dan berbagai jenis tepung seperti tepung ikan, tepung daging dan tepung tulang.

Untuk jenis tepung kulit kerang yang mudah kita jumpai dipasar atau toko yang menyediakan pakan ternak saja yang kita gunakan. Umumnya yang banyak kita jumpai dipasar/ditoko-toko yaiti tepung kerang atau demis/kerang laut. Pakan-pakan tersebut dapat Anda temukan di pasar dan juga harganya cukup terjangkau. Dengan harga yang cukup terjangkau membuat para peternak tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.akan sumber mineral dapat Anda temukan di tepung kerang putih. Jenis pakan sumber mineral diberikan ke bebek dengan jumlah yang terbatas.