RAPAT PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KINERJA PERANGKAT DAERAH (LKj IP-PD) TAHUN 2018

posted in: Berita | 0

RAPAT PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KINERJA PERANGKAT DAERAH (LKj IP-PD) TAHUN 2018

 

 

Setiap perangkat daerah atau SKPD di Kabupaten/Kota harus membuat Laporan Kinerja Perangkat Daerah di akhir tahun anggaran untuk mengetahui hasil kerja tiap-tiap perangkat daerah. Begitu juga pada awal tahun anggaran baru tiap pejabat eselon II, III, IV dan staf membuat perjanjian kinerja.Menurut Peraturan Menteri PAN RB Nomor53 Tahun 2014 tentang Perjanjian Kinerja, LaporanKinerja,dan Reviu Laporan Kinerja arti perjanjian kinerja adalah dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program/kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja. Indikator kinerja adalah metrik finansial ataupun non-finansial yang digunakan untuk membantu suatu organisasi menentukan dan mengukur kemajuan terhadap sasaran organisasi(Anonim, 2016)

Kabupaten Probolinggo juga membuat LKj IP-PD dan Perjanjian Kinerja yang terpusat/menjadi wewenang Bagian Organisasi Setda Kab.Probolinggo.Pada hari Senin tanggal 7 Januari 2019 dilaksanakan Rapat persiapan penyusunan LKj IP-PD dan Perjanjian Kinerja di Ruang Rapat Jabung I dengan dihadiri Kasubag  Perencanaan/Staf di seluruh SKPD KabProbolinggo, Rapat dipimpin oleh Ir. Heru selaku kabid, UmiEntik, S.Si. M.Si selaku Kasi Pelayanan Publik.Arahan kabid perjanjian kinerja harus melihat indikator kinerja yang tertuang pada Dokumen Pelaksnaan Anggaran (DPA).Setiap SKPD harus membuatLKj IP-PD dan Perjanjian Kinerja antara Bupati dengan Kepala Dinas, Kepala Dinas dengan Kepala Bidang, Kepala Bidang dengan Kepala Seksi, dan Kepala Seksi dengan Staf. Perjanjian kinerja dibuat untuk melihat seberapa besar kinerja tiap-tiap pegawai PNS terhadap tanggungjawabnya.Perjanjian kinerja ini juga menuliskan target yang akan dicapai di tahun 2019.

 

Sumber

Anonim, 2016.LaporanKinerjaSosialisasiUntidar. https://untidar.ac.id/wp-content/uploads/2016/07/PK-dan-Laporan-Kinerja-Sosialisasi-Untidar.pdf?x97780&x97780(diaksestanggal 29 Januari 2019)

 

 

 

Oleh :

NuraniWityasari