SOSIALISASI PERBUP TENTANG SBU,SHB, DAN KODEFIKASI REKENING APBD UNTUK TA 2019

posted in: Berita | 0

SOSIALISASI PERBUP TENTANG SBU,SHB, DAN KODEFIKASI REKENING APBD UNTUK TA 2019

 

Sosialisasi Perbup Tentang Sbu, Shb, Dan Kodefikasi Rekening Apbd Untuk Ta 2019 dilaksanakan di Ruang Rapat Tengger Gedung PemKab Probolinggo Lt.5 pada 20 Agustus 2018. Dibuka langsung oleh Kabid Anggaran BaKeuDa Pemkab Probolinggo, Bpk. Jurianto dan kemudian dilanjutkan paparan oleh konsultan, Ibu Lita Maharani dari Inspektorat dan Bpk. Mamat dari BaKeuDa.

 

Bpk Jurianto memaparkan, bahwa MANFAAT Biaya Standar diantaranya adalah :

  1. Sebagai alat perencanaan anggaran.
  2. Sebagai alat pengawasan pelaksanaan anggaran.
  3. Sebagai alat pengukuran kinerja

Dan JENIS BIAYA STANDAR,yaitu:

  • STANDAR SATUAN HARGA (SSH)
  • AnalisIS satuan belanja FISIK dan non fisik (asB)
  • BIAYA Tarif standar nasional

 

Menurut Bpk.Jurianto,Biaya standar dan anggaran merupakan dua hal yang saling terkait. Biaya standar digunakan untuk mementukan biaya per unit, sedangkan anggaran digunakan untuk menentukan seluruh belanja yang akan terjadi selama satu periode tertentu. Dengan demikian biaya standar merupakan salah satu rincian dari anggaran. Oleh karena itu, idealnya biaya standar baik berupa SSH, ASB atau biaya standar dari pusat harus ditetapkan terlebih dahulu sebagai pedoman untuk penyusunan anggaran. Tanpa adanya biaya standar tersebut penyusunan anggaran kurang mencerminkan prinsip value for money (ekonomis, efisien, dan efektif, dan bisa terjebak pada praktik mark up anggaran.

 

Idealnya penyusunan biaya standar sudah didasarkan pada perhitungan dan estimasi-estimasi yang tepat, realitas dan rasional dengan memperhitungkan semua faktor yang mempengaruhi seperti kenaikan harga-harga barang, tarif upah dan biaya-biaya lain dimasa yang akan datang. Dalam menyusun perkiraan biaya terlebih dahulu perlu dilakukan pengakajian atas biaya masa lalu sebagai pertimbangan, serta memperhitungkan dan memperkirakan hal-hal yang akan atau mungkin terjadi dimasa depan.

 

By Dini Ariyani