LAPORAN ANTARA PENYUSUNAN RTRW KAB PROBOLINGGO 2010-2029

posted in: Berita | 0

LAPORAN ANTARA PENYUSUNAN RTRW KAB PROBOLINGGO 2010-2029

 

 

 

Rencana Tata Ruang Wilayah (Kabupaten Probolinggo) 2010-2029 pada tahun ini memasuki tahap Forum Group Discussion (FGD) yang menggali fakta dan analisa di lapangan dengan melibatkan berbagai instansi terkait dan juga sektor-sektor yang berhubungan langsung yang kemudian dirangkum menjadi Laporan Antara. Diantara fakta dan analisa yang ada, yang menarik adalah rencana pengembangan kawasan industri dan wisata yang diperkirakan akan mengakibatkan pengurangan lahan pertanian.

Salah satu yang dibahas di rapat tersebut yang berkaitan langsung dengan Bidang Pertanian adalah adanya pengembangan kawasan industri,perdagangan, dan wisata yang dirasa akan mengakibatkan pengurangan lahan pertanian. Padahal dengan adanya Perda no 3 tahun 2011, mengenai Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan yang didalamnya berbunyi seluas  38.692ha lahan pertanian yang tidak boleh berkurang demi kedaulatan pangan di tahun-tahun mendatang. Hal ini tentu saja menarik perhatian pemerintah daerah, yang harus mencarikan lahan cadangan sebagai pengganti lahan-lahan pertanian yang mungkin akan beralih fungsi.

BAPPEDA Kab Probolinggo ternyata telah memikirkan hal itu dan mencarikan lahan cadangan sebagai pengganti lahan pertanian yang beralih fungsilengkap dengan rencana pembangunan saranadan prasarana yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan bidang pertanian.

 

 

By Dini Ariyani