Pertemuan Perencanaan Pembangunan Perkebunan Provinsi Jawa Timur

posted in: Berita | 0

Pertemuan Perencanaan Pembangunan Perkebunan Provinsi Jawa Timur

 

Pertemuan yang dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur tanggal 8 – 9 Mei 2018, bertempat di Hotel Klub Bunga Butik Resort Kota Batu- Malang. Dihadiri oleh seluruh satker / OPD Perkebunan Kabupaten atau Kota se Jawa Timur selain itu juga hadir Dirjen Perkebunan – Kementerian Pertanian. Dimana dalam pertemuan tersebut banyak membahas evaluasi kerja bidang perkebunan di tahun 2017, seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Ir. Karyadi, MMA Jawa Timur dalam pembukaan acara tersebut menyampaikan bahwa kurang baiknya capaian kinerja untuk bidang perkebunan dimana penyerapan APBD tahun 2017 yang masih kurang, oleh karena itu untuk tahun berikutnya akan dilakukan penataan kembali dalam penyerapan APBN, banyak faktor yang menyebabkan kurang baiknya kinerja dalam menyerap APBN salah satunya adalah keterlambatan dalam penyusunan CPCL oleh karenya sebagai solusi utama Ir. Karyadi, MMA menghimbau agar setiap kegiatan dimantapkan dalam e-proposal selain itu fokus tujuan Kepala Dinas adalah untuk meningkatkan nilai tambah di setiap komoditas unggulan yaitu (kopi, tebu dan kakao) oleh karena itu dalam mewujudkan tujuan tersebu perlu dilakukan inovasi dan kerjasama yang solid antara petugas dan masyarakat dalam hal ini Kelompok Tani.

Dalam pertemuan kali ini juga dihadiri oleh Dirjen Perkebunan – Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Bapak Fauzan, yang memaparkan mengenai program Dirjen Perkebunan antara lain :

  1. Pengembangan benih perkebunan
  2. Perlindungan perkebunan
  3. Peremajaan kelapa sawit
  4. Perluasan dan perawatan tanaman
  5. Peningkatan mutu dan daya saing produk perkebunan

Dalam evaluasi usulan kegiatan di e-proposal seluruh Kabupaten atau Kota secara umum, khusus untuk Kabupaten probolinggo terfokus pada perawatan ratoon tebu. Sebagai pesan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur yaitu agar setiap usulan kegiatan.

bu: Edy Yulyus