RAPAT EVALUASI PENYERAPAN ANGGARAN SKPD DAN KECAMATAN LINGKUP PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PROBOLINGGO

posted in: Berita | 0

 

Rapat evaluasi penyerapan anggaran SKPD dan kecamatan lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo dilaksanakan pada hari Senin,9  April 2018 bertempat di Ruang Rapat Jabung II yang dihadiri seluruh kasubag perencanaan SKPD dan kecamatan (atau yang mewakili). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Administrasi pembangunan,Dra. Lulu’atul Fuadah,MM. Beliau menyebutkan bahwa realisasi penyerapan anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo pada triwulan I tahun 2018 masih rendah, hal itu disebabkan bebrapa hal diantaranya perencanaan anggaran yang kurang matang, terlambatnya penetapan DPA perubahan/pergeseran, terlambatnya update data ke aplikasi SIRUP(Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan) khususnya untuk pengadaan barang dan jasa yang memakai penyedia, dan sistem pengendalian anggaran yang dirasa belum cukup baik.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sendiri untuk saat ini (hingga bulan Maret)penyerapan anggaran mencapai 18,45% dari target 26,65%. Penyerapan anggaran ini juga dibilang masih rendah karena terkendala beberapa hal,diantaranya yang mendasar adalah banyaknya kegiatan yang ikut dalam pergeseran anggaran Maret kemarin,sehingga penyerapan anggaran di triwulan I mundur ke triwulan II dan adanya juknis DAK serta PMK terbaru yang mengatur dana hasil cukai DBHCHT sehingga penyerapan anggaran mundur.

Ibu Kabag Administrasi Pembangunan menyebutkan bahwa percepatan penyerapan anggaran daerah sangat PENTING karena

  1. Efektivitas program kegiatan agar tepat waktu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat
  2. Menjadi tolak ukur akuntabilitas dan transplantasi kinerja pemerintah daerah
  3. Menjadi acuan kredibilitas sehingga anggaran tidak menumpuk diakhir tahun.

Ibu Kabag berpesan agar seluruh SKPD dan kecamatan selalu update SIRUP setiap kali ada perubahan,danmenghimbau agar memaksimalkan penyerapan anggaran di triwulan II yang dimulaidi bulan April ini.

 

By Dini Ariyani