SINKRONISASI DATA STATISTIK TANAMAN HORTIKULTURA JAWA TIMUR ASEM (ANGKA SEMENTARA)

posted in: Berita | 0

SINKRONISASI DATA STATISTIK TANAMAN HORTIKULTURA JAWA TIMUR   ASEM (ANGKA SEMENTARA)

 

Rapat sinkronisasi data statistik tanaman hortikultura Jawa Timur yang membahas Angka Sementara th 2017(ASEM) dilaksanakan di Hotel Luminor, 8 Maret 2018 yang diikuti  oleh petugas data  hortikultura Kabupaten/Kota se Jawa Timur dan juga perwakilan dari BPS Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Rapat langsung dipimpin oleh ibu Ir. Irita Rahayu Aryati, MMA(Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi), Ibu Puji Astutik (Bagian Penyusunan Program Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi) dan BPS Provinsi. Dalam rapat tersebut, dipaparkan data hortikultura diantaranya sayuran dan buah-buahan semusim, buah-buahan dan sayuran tahunan, biofarmaka, dan tanaman hias baik luas panen/tanaman menghasilkan dan jumlah produksinya untuk tahun 2017 dibandingkan dengan data ATAP 2016.

Setiap komoditi dibahas apakah terjadi kenaikan / penurunan, dan jika terjadi maka akan ditelusuri di Kabupaten/kota mana saja dan apa justifikasinya(alasan/sebabnya). Untuk Kabupaten Probolinggo sendiri terjadi kenaikan di komoditi sayuran dan buah semusim, diantaranya bawang merah, cabe besar, dan cabe rawit. Alasan yang sangat mendasar diantaranya di tahun 2017, harga komoditi tersebut bagus, sehingga mendorong petani untuk berlomba membudidayakannya serta iklim yang sangat mendukung, sehingga produktivitas tinggi.

Sedang untuk buah-buahan, banyak terjadi penurunan diantaranya yang sangat signifikan adalah alpukat,manggis, dan mangga. Hal ini disebabkan karena musim panen yang mundur dan  banyaknya pohon yang sudah tua dan rusak. Komoditi lain yang mengalami kenaikan adalah durian, karena banyak pohon yang dulunya belum menghasilkan,sekarang sudah mulai menghasilkan.

 

By Dini Ariyani