Rapat Koordinasi Standart Mutu Pupuk dan Pestisida Kab Probolinggo wilayah Barat

posted in: Berita | 0

 

Rapat Koordinasi Standart Mutu Pupuk dan Pestisida dihadiri oleh 30 orang Anggota kelompok tani wilayah barat antara lain, Leces, Malasan, Tegalsiwalan, bertempat di Kebun Benih dan Palawija Malasan, Jl. Raya Leces KM 07 Probolinggo, pukul 09.00 WIB-Selesai. Adapun yang dapat disimpulkan dari rapat tersebut antara lain :

  1. Rapat dibuka oleh kepala sesi pupuk dan pestisida dengan menjelasakn maksud dan tujuan diadakannya rapat pada hari itu, dimana materi pentingnya ialah untuk memperkenalkan kepada petani bagaimana standart mutu pupuk, menghimbau petani untuk lebih aktif, serta menampung masukan atau permasalahan yang terjadi pada petani di lapangan.
  2. Sambutan kedua oleh kepala UPTD Wil. Leces dengan memberikan arahan kepada para petani yang hadir agar pada kesempatan ini digunakan sebaik mungkin, kemudian diupayakan agar yang diterima pada rapat hari itu diaplikasikan ke lapangan.
  3. Pemberian materi disampaikan oleh perwakilan PT. Petrokimia gresik mengenai standart mutu pupuk dan pestisida dimana pupuk yang boleh diedarkan ataupun digunakan oleh petani ialah pupuk yang telah memenuhi standart antara lain ialah Pengujian mutu pupuk organik adalah analisis kandungan hara, unsur logam berat dan mikroba patogen yang dilakukan di laboratorium sesuai dengan persyaratan mutu yang ditetapkan. Standar mutu adalah besaran parameter yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional dalam bentuk SNI, atau yang ditetapkan oleh Menteri Pertanian dalam bentuk Persyaratan Teknis Minimal.
  4. Pada sesi tanya jawab petani menanyakan tentang hasil yang belum maksimal padahal pupuk yang digunakan sudah memenuhi standart. Terutama pada tanaman padi, dimana pemerintah justru melakukan impor beras dimana hal ini sangat merugikan petani. Selain itu petani juga menanyakan mengenai pemakaian pupuk organik yang tepat sesuai takaran per hektarnya (Mustapi, Banjarsawah).

by:Ummi Khoirun Nisa