PENANAMAN CABE RAWIT GAPOKTAN BAROKAH DESA OPO-OPO KEC.KREJENGAN BERSAMA PPL

posted in: Berita | 0

 

 

 

Cabe rawit merupakan salah satu jenis sayuran yang hampir setiap hari dikonsumsi masyarakat., dan paling banyak dicari. Bagaimana tidak, sayuran ini merupakan pelengkap berbagai jenis masakan baik masakan tradisional maupun masakan modern. Tak heran jika kita selalu menemui cabe rawit dari mulai tukang sayur keliling, pasar tradisional, pasar modern, hingga supermarket. Jenis dan harganyapun beragam. Karena sayuran jenis ini tidak mengenal musim, maka petanipun berloma-lomba dalam membudidayakannya. Kalau harga sedang menguntungkan, banyak petani yang penghasilannya meningkat tajam.

Seperti yang dilakukan petani di kecamatan Krejengan belakangan ini,  Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Barokah Desa Opo-opo Kecamatan Krejengan menanam cabe rawit dengan didampingi oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dilahan milik H.Baidowi. Lahan seluas 0,35 Ha tersebut ditanami cabe rawit  dengan menghabiskan 7000 bibit dengan model single row. Varietas yang dipilih oleh H.Baidowi adalah varietas arimbi, menurutnya varietas tersebut lebih tahan di segala musim dan semoga mampu memberikan hasil yang lebih banyak dalam kurun waktu3-4 bulan mendatang (panen).

Perlu diketahui, bahwa Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu Kabupaten yangmemberikan kontribusi produksi cabe rawit di Jawa Timur. Untuk tahun 2017 kemarin, jumlah produksi cabe rawit Kab Probolinggo mencapai 5.078 ton dari luas panen sebesar  2.601 Ha dengan angka produktvitas a9,52Kuintal/Hektar. Angka ini naik dari tahun sebelumnya (2016) yaitu dengan hasil 11,65 ton per hektar dan total produksi sebesar 2.160  ton

by: Dini Ariyani